Langsung ke konten utama

Jatnika, salah seorang maestro bambu asal Cibinong, Bogor, Jawa Barat


Jatnika, salah seorang maestro bambu asal Cibinong, Bogor, Jawa Barat, mendapatkan inspirasi baru menciptakan sepeda bambu setelah melihat pembuatannya di luar negeri. Jatinika menganggap bambu asli Indonesia lebih kuat dan tahan lama, akhirnya mulai berkreasi menciptakan sepeda.

Langkah awalnya, bambu pilihan diawetkan secara tradisional. Ada sekitar 20 ramuan herbal yagn digunakan untuk merendam bambu selama 3 pekan. Sebelum akhirnya dibuat menjadi sebuah sepeda dalam kurun waktu sekitar sebulan. Jatnika pun menggandeng rekan-rekannya yang berlatar belakang tenaga ahli industri pesawat terbang untuk proses pembuatannya.

Jatnika, pembuat sepeda bambu, “Kalau kita mau membeli sepeda, prem nya saja dari Perancis, baru Itu saja sudah 30 juta. Jadi kita ini tidak tahu apa yang kita punya. Seakan-akan kita tidak punya apa-apa. Padahal kita punya bambu. Maka gabung antara teknologi tinggi yang disebut teknologi pesawat = kapal terbang dengan budaya tradisional untuk bagaimana cara memilih dan mengawet bambu.”

Keunggulan sepeda bambu buatan buatan Jatnika terletak pada keindahan dan kelenturan, serta kekuatannya dalam menahan beban dan benturan. Jatnika bahkan memberikan garansi hingga 3 tahun untuk sepeda bambu hasil karyanya.

Yani, pembeli sepeda bambu, “Alhamdulillah saya membawa pulang ini ke Kalimantan hari ini. Jadi ada beberapa unit yang kita bawa buat percontohan juga dan ini, bukan apa-apa, di komunitas kita ingin mengkomunikasikan, pengen menyampaikan, mempromosikan bahwa ternyata kita ini kaya gitu loh. Jadi bambu bisa kita gunakan, untuk sepeda juga bisa dengan alat-alat lainnya. Sementara bambu ditempat saya itu jadi tempat sampah, bahkan jadi sampah.”

Ada 2 sepeda bambu yang telah diproduksi Jatnika dan rekan-rekannya di Bogor, yakni sepeda bambu fixi dan sepeda gunung. Harganya mulai 10 juta hingga 17 juta rupiah per unit. Pangsa pasarnya juga merambah hingga ke luar negeri, khususnya Amerika Serikat dan negara-negara di Eropa. Mereka memesan sepeda bambu asli bogor ini secara tak langsung melalui internet.



Video:



Foto:


Bagi sebagian kalangan, bambu mungkin hanya dipakai untuk perlengkapan alat rumah tangga. Ya tetapi, bagi seorang warga asal bogor, bambu ternyata bisa dibuat menjadi sepeda onthel yang kekuatannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi sebagian kalangan, bambu mungkin hanya dipakai untuk perlengkapan alat rumah tangga. Ya tetapi, bagi seorang warga asal bogor, bambu ternyata bisa dibuat menjadi sepeda onthel yang kekuatannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi sebagian kalangan, bambu mungkin hanya dipakai untuk perlengkapan alat rumah tangga. Ya tetapi, bagi seorang warga asal bogor, bambu ternyata bisa dibuat menjadi sepeda onthel yang kekuatannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi sebagian kalangan, bambu mungkin hanya dipakai untuk perlengkapan alat rumah tangga. Ya tetapi, bagi seorang warga asal bogor, bambu ternyata bisa dibuat menjadi sepeda onthel yang kekuatannya tak perlu diragukan lagi.

Bagi sebagian kalangan, bambu mungkin hanya dipakai untuk perlengkapan alat rumah tangga. Ya tetapi, bagi seorang warga asal bogor, bambu ternyata bisa dibuat menjadi sepeda onthel yang kekuatannya tak perlu diragukan lagi.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan, Kerugian, Dan Cara Kerja Sistem Rem Hidrolik

Daya pengeremannya lebih cekatan saat sepeda listrik melaju dengan speed tertinggi. Rem adalah pilihan pertama untuk keamanan. Jika basah, rem tetap keras dan tidak licin, berkat pula konstruksi pemasangan lebih terlatih. Teknisi Astro Bike memiliki daftar job . Tugas mereka menjamin sistem kerja quality control telah sesuai persyaratan dari pelanggan. Memeriksa secara kualitatif sebelum, selama, hingga proses finishing untuk siap terjun ke pasar. Proses pengujian dilakukan secara teknologi, maupun manual. Penggunaan rem jenis hidrolik dianjurkan untuk sepeda listrik, khususnya Astro Bike . Shimano BRM-395 telah diakui oleh pasar dunia sebagai rem cakram terbaik di kelasnya. Baik masyarakat Jerman dan Polandia pun kerap memfavoritkan produk ini. Proses pemasangan dan pengaturan konstruksi cukup sederhana, apalagi perawatannya sangat mudah. Disini ayunan pedal rem memiliki tugas untuk mendorong minyak atau brake fuild menjadi tekanan hidrolik. Secara kontinuitas, rem hidr...

Manfaat Merakit Sepeda Listrik Sendiri

Pengin memiliki sepeda listrik merakit ataupun membeli jadi memanglah sebuah pilihan. Kenapa tidak membeli jadi saja ?, padahal kan beli jadi tentu lebih murah daripada merakit. Total cost biaya merakit bisa jadi membengkak dan lebih mahal. Tapi kenyataannya banyak hobi perakit justru menikmati ini. Lalu alasan apa dong yang cocok jika memilih merakit sendiri. Pengin tau alasannya ?. mari kita bahas alasan-alasan yang cocok untuk merakit sendiri. 1. Mengerti apa yang dimiliki. Sepeda yang kita gunakan adalah sepeda milik kita. Kita tentu mengenali lebih dalam tentang sepeda yang akan dijadikan listrik. Sparepart yang ada pada sepedamu, tentu kamu lah yang lebih tau.

Slamet Riyanto dan I Gede Dangin. Penemu inovasi Astro Bike di acara Big Bang Show

Andy F. Noya. . . . .Big bangs, di segmen inovasi ini saya baru saja mencoba sebuah Astro Bike, yaitu sepeda listrik berbasis android. Ini adalah karya anak muda dari Yogya. Apa temuan mereka ?? Sebelum kita lanjutkan, kita simak dulu snapshot berikut ini: Bosan ditilang polisi karena tidak memiliki sim, Gede Dangin, mahasiswa fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta terinspirasi membuat sepeda listrik sebagai kendaraan alternatif sehari-hari. Untuk mewujudkan sepeda listrik idamannya, Dangin dibantu 5 orang rekannya yang kemudian membentuk tim bernama astro bike.