Langsung ke konten utama

Al Roback, pengrajin sepeda bambu asal Vancouver, Canada


Orang dengan bersepeda dapat dengan mudah anda jumpai di jalanan kota Vancouver, BC, Canada. Namun kali ini ada yang berbeda. Jase Amstrong bersama teman-temannya menggunakan sepeda bambu. Layaknya sepeda yang menggunakan material metal dan karbon, sepeda bambu ini muncul mulus di jalanan.

Ide ini pertama kali muncul dari seorang pecinta lingkungan, Al Roback, saat ia tinggal di Jepang. Kemudian 1,5 tahun yang lalu bersama ke 2 rekannya, ia membangun perusahaan Grass Frames yang berbasis ramah lingkungan. Salah satunya dengan menciptakan sepeda bambu ini.

Bambu dipilih karena tahan lama dan bisa meredam benturan dibandingkan dengan baja. Selain tidak mudah tergores, bambu juga sangat ringan. Berat sepeda hanya 1,7 hingga 2,2 kilogram dan membuat anda serasa melayang.

Demi kesempurnaan, Roback dan rekannya hanya menggunakan bambu yang tumbuh tanpa pestisida atau pupuk tanpa pestisida atau pupuk. Karena bambu jenis ini berat, ketebalan dan kekuatannya sangat cocok untuk dijadikan rangka sepeda.

Al Roback, wakil pimpinan Grass Frames, “Ini sangat mirip dengan berada di sepeda motor akrena rasanya seperti terbang di daratan. Terutama saat anda sedang ngebut dan selalu di turunan dengan ban yang tipis. Bambu akan terasa lebih nyaman ketimbang bahan lainnya.” Kemunculan sepeda bambu ini sudah menarik perhatian terutama para pecinta sepeda, bahkan ada yang berniat membelinya untuk diekspor ke Jepang.

Anthony Ma, penghobi sepeda, “Tergantung harganya juga. Sepeda bambu ini memang unik. Saya langsung tertarik begitu melihatnya dan ternyata ada orang yang benar-benar menggunakannya.”

Dibutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk membuat 1 sepeda dengan biaya rangkanya sebesar 12 ribu US dollar. Sementara untuk sepeda lengkap seharga lebih dari 3.000 dollar Amerika. Amstrong dan kawan-kawan rencananya akan melakukan perjalanan dari Vancouver ke Guatemala sejauh 6.000 kilometer dengan menggunakan sepeda bambu ini.


Video:




Foto:

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan, Kerugian, Dan Cara Kerja Sistem Rem Hidrolik

Daya pengeremannya lebih cekatan saat sepeda listrik melaju dengan speed tertinggi. Rem adalah pilihan pertama untuk keamanan. Jika basah, rem tetap keras dan tidak licin, berkat pula konstruksi pemasangan lebih terlatih. Teknisi Astro Bike memiliki daftar job . Tugas mereka menjamin sistem kerja quality control telah sesuai persyaratan dari pelanggan. Memeriksa secara kualitatif sebelum, selama, hingga proses finishing untuk siap terjun ke pasar. Proses pengujian dilakukan secara teknologi, maupun manual. Penggunaan rem jenis hidrolik dianjurkan untuk sepeda listrik, khususnya Astro Bike . Shimano BRM-395 telah diakui oleh pasar dunia sebagai rem cakram terbaik di kelasnya. Baik masyarakat Jerman dan Polandia pun kerap memfavoritkan produk ini. Proses pemasangan dan pengaturan konstruksi cukup sederhana, apalagi perawatannya sangat mudah. Disini ayunan pedal rem memiliki tugas untuk mendorong minyak atau brake fuild menjadi tekanan hidrolik. Secara kontinuitas, rem hidr

Ingin Membeli Sepeda Listrik Astro-Bike ?? Silahkan. . . .Murah loh

Penggunaan sepeda listrik Astro-Bike semakin meningkat dari hari ke hari pada berbagai wilayah di Indonesia. Terutama ingkungan perusahaan swasta dan nasional. Utamanya bagi management organisasi yang telah menerapkan kebijakan ramah lingkungan. Toko dan bengkelnya sangat bertanggung jawab, karena berada di lingkungan pendidikan Universitas Nasional Yogyakarta (UNY). Semua penjualan motor listrik dapat dibeli dengan harga jual yagn sangat murah. Hanya Rp. 5,688 juta - Rp. 7,098 juta yang tersedia dalam bentuk 4 pilihan paket.

Manfaat Merakit Sepeda Listrik Sendiri

Pengin memiliki sepeda listrik merakit ataupun membeli jadi memanglah sebuah pilihan. Kenapa tidak membeli jadi saja ?, padahal kan beli jadi tentu lebih murah daripada merakit. Total cost biaya merakit bisa jadi membengkak dan lebih mahal. Tapi kenyataannya banyak hobi perakit justru menikmati ini. Lalu alasan apa dong yang cocok jika memilih merakit sendiri. Pengin tau alasannya ?. mari kita bahas alasan-alasan yang cocok untuk merakit sendiri. 1. Mengerti apa yang dimiliki. Sepeda yang kita gunakan adalah sepeda milik kita. Kita tentu mengenali lebih dalam tentang sepeda yang akan dijadikan listrik. Sparepart yang ada pada sepedamu, tentu kamu lah yang lebih tau.