Langsung ke konten utama

Anh Pham Minh Tri adalah pembuat sepeda bambu asal Vietnam


Tepat kantor ini yang berada di distrik 12, HCM City. Disana anda dapat menemukan bengkel sepeda berbahan bambu milik Anh Pham Minh Tri. Perancangan setiap sepeda sangat sederhana bersama 4 pekerja. Mereka setiap hari terus bekerja kerja guna membangun dan memasang setiap elemen yang telah diolah secara alami. Semua ini dilakukan untuk mencukupi jumlah permintaan dari berbagai pelanggan di Australia dan Eropa.

Berbicara tentang ketertarikan awalnya dengan sepeda bambu, Mr Tri mengatakan setelah lulus dari universitas pada bidang otomotif di Vietnam, dia melanjutkan studi masternya tentang materi dan simulasi di Universitas Berlin. Jerman. Setelah melihat sepeda bambu pada sebuah pameran dan seminar ilmiah pada tahun 2009, dari situ mulailah ide-ide tentang kendaraan tradisional menyelimuti angan-angannya.

Pikirnya saat itu, "Mengapa orang-orang tidak melihat kesempatan itu dan melakukannya," sementara di Vietnam, komoditas bambu adalah teman dekat yang sudah ada sejak dahulu kala. Sebagai orang yang memiliki pemahaman kuat tentang mekanika, pabrikasi dan kinerja perakitan, ia percaya bahwa ia telah melakukan hal yang benar dan memiliki dasar untuk menjawab tuntutan itu semua.

Setelah kembali ke tanah airnya, kesulitan saat itu adalah menemukan bahan yang tepat sesuati perhitungan. Jika tidak, kapasitas yang ada tidak cukup eleastis, tidak bisa menahan tenaga dan manfaatnya cenderung membahayakan pengguna. Kemudian ia mencoba melakukan penelitan dan screening untuk mengetahui bambu terbaik diantara ratusan ribu jenis bambu yang terdapat di Vietnam. Lantas kemudian terpilihlah 18 jenis bambu yang dapat digunakan.

Jenis bambu ini memiliki sifat mekanik yang baik, tidak terlalu tebal atau terlalu memiliki rongga. Kira-kira ketebalannya 5-7 mm. Adapun kemampuannya dalam menghadapi goncangan alami, kapasitas itu sangat baik untuk sasis. Setidaknya hal ini dapat membantu pengguna saat mengendarai sepeda bambu di atas jalan yang kasar.

Kualitas lem yang perlu dipenuhi tampaknya harus diimpor dari luar negeri, karena setiap lem memiliki karakteristik dan spesifikasi yang berbeda. Jenis lem epoksi yang tepat guna membentuk kombinasi sempurna dari lem dan serat. Sebagai orang teknis, ia harus berhati-hati pada setiap tahapan, menghitung secara akurat sejak awal, sehingga kendaraan setelah selesai harus memiliki kualitas sebanyak 100 % secara seragam.

Modal awalnya 40 juta, namun biaya LitBang mencapai Rp. 1 Miliar. Tentu ini tidak sesuai dengan pemenuhan prakiraan biaya tersebut. Tapi menurut perhitungan jangka panjang, hal tersebut sangat penting untuk menciptakan pengalaman unik.

Proses Pengerjaan.

Setelah penebangan, tangkai bambu dikeringkan dan diberi perlakuan panas untuk mencegah adanya masalah retak, dan kemudian dipasangkan bersamaan dengan rami, lantas ditutup dengan resin sintetis. Sasisnya terbuat dari bambu, sedangkan bagian lain seperti siput, roda kemudi, dan lainnya, itu masih bisa terbuat dari bambu jika diminta oleh pelanggan.

Setelah mencoba untuk membuat sepeda bambu sebanyak 20 buah, Tri menemukan rahasia dalam membuat bingkai bambu yang kokoh. Beberapa fitur seperti pelana dengan bodi, pelat klem, dan roda tidak sepenuhnya dapat digantikan oleh bahan alami ini. Keuntungan sebagai orang teknis, ia dapat membangun tester yang tepat sebelum pengiriman, untuk memastikan bahwa frame tersebut mampu menahan beban dan dampak lain saat bergerak, yang mana hal tersebut merupakan bagian tanggung jawabnya sebagai produsen.

Pelanggan pertamanya adalah perusahaan yang berasal dari Jerman dan merupakan distributor produk sejenis untuk pasar internasional. Tiap pengerjaan untuk 1 bingkai memerlukan waktu sekitar 35-40 jam. Harga untuk frame saja berkisar 9 juta sampai 14 juta, tergantung tipe. Setiap sepeda bambu lengkap dihargai Rp. 15 juta sampai 40 juta, tergantung lini produk dan asesorisnya. Kapasitas produksi sebanyak 30 buah untuk perbulannya

Harga jualnya saat ini bisa dikatakan cukup tinggi bagi pendapatan rata-rata masyarakat Vietnam. Harapannya, seiring dengan perjalanan waktu, harga sepeda bambu akan berangsur-angsur turun menyesuaikan kemampuan kantong tiap warga Vietnam. Sampai saat ini, sepeda Bamboo Vietnam Bicycle COmpany sudah memiliki standar ISO 4210 SGS (Swiss) dan DIN (jerman), serta telah mengekspor lebih dari 200 unit ke negara-negara di Eropa.

Walau telah mengukir prestasi yang sangat membanggakan, Mr Tri tetap rajin belajar setiap hari selama 8 jam dan rutin selama 3 minggu menyelesaikan tiap model molding terbaru. Ia berharap semua cetakan casting yang digunakan akan menghasilkan jalur sepeda bagi para pekerja kantor. Sepeda yang memiliki berat cukup ringan untuk membawa bobot pengendara saat bersepeda, bahkan di medan bebatuan sekalipun dan memiliki ketahanan lebih dari 20 tahun.


Video:


 
Foto:


Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Bayangkan pagi yang indah saat kita mengendarai suasana yang murni dan segar. Ini akan membawa kegembiraan yang tak terlupakan, jika kendaraan anda juga bagian dari alam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keuntungan, Kerugian, Dan Cara Kerja Sistem Rem Hidrolik

Daya pengeremannya lebih cekatan saat sepeda listrik melaju dengan speed tertinggi. Rem adalah pilihan pertama untuk keamanan. Jika basah, rem tetap keras dan tidak licin, berkat pula konstruksi pemasangan lebih terlatih. Teknisi Astro Bike memiliki daftar job . Tugas mereka menjamin sistem kerja quality control telah sesuai persyaratan dari pelanggan. Memeriksa secara kualitatif sebelum, selama, hingga proses finishing untuk siap terjun ke pasar. Proses pengujian dilakukan secara teknologi, maupun manual. Penggunaan rem jenis hidrolik dianjurkan untuk sepeda listrik, khususnya Astro Bike . Shimano BRM-395 telah diakui oleh pasar dunia sebagai rem cakram terbaik di kelasnya. Baik masyarakat Jerman dan Polandia pun kerap memfavoritkan produk ini. Proses pemasangan dan pengaturan konstruksi cukup sederhana, apalagi perawatannya sangat mudah. Disini ayunan pedal rem memiliki tugas untuk mendorong minyak atau brake fuild menjadi tekanan hidrolik. Secara kontinuitas, rem hidr

Ingin Membeli Sepeda Listrik Astro-Bike ?? Silahkan. . . .Murah loh

Penggunaan sepeda listrik Astro-Bike semakin meningkat dari hari ke hari pada berbagai wilayah di Indonesia. Terutama ingkungan perusahaan swasta dan nasional. Utamanya bagi management organisasi yang telah menerapkan kebijakan ramah lingkungan. Toko dan bengkelnya sangat bertanggung jawab, karena berada di lingkungan pendidikan Universitas Nasional Yogyakarta (UNY). Semua penjualan motor listrik dapat dibeli dengan harga jual yagn sangat murah. Hanya Rp. 5,688 juta - Rp. 7,098 juta yang tersedia dalam bentuk 4 pilihan paket.

Manfaat Merakit Sepeda Listrik Sendiri

Pengin memiliki sepeda listrik merakit ataupun membeli jadi memanglah sebuah pilihan. Kenapa tidak membeli jadi saja ?, padahal kan beli jadi tentu lebih murah daripada merakit. Total cost biaya merakit bisa jadi membengkak dan lebih mahal. Tapi kenyataannya banyak hobi perakit justru menikmati ini. Lalu alasan apa dong yang cocok jika memilih merakit sendiri. Pengin tau alasannya ?. mari kita bahas alasan-alasan yang cocok untuk merakit sendiri. 1. Mengerti apa yang dimiliki. Sepeda yang kita gunakan adalah sepeda milik kita. Kita tentu mengenali lebih dalam tentang sepeda yang akan dijadikan listrik. Sparepart yang ada pada sepedamu, tentu kamu lah yang lebih tau.